Penetapan Caleg, PKB Tetap Akomodasi Kubu Gus Dur

Diposting oleh Partai Barisan Nasional | 22.40 | 0 komentar »

Penulis : Hendra Makmur
ANTARA/UJANG ZAELANI
JAKARTA--MI:
DPP PKB masih melakukan finalisasi daftar calon legislatif. Rencananya daftar caleg tersebut akan diserahkan kepada KPU pada 18 Agustus nanti. Dalam penetapan caleg dan menyusun nomor urut PKB tetap mengakomodasi anggota PKB dari kubu Gus Dur.

Demikian diungkapkan Sekjen PKB Lukman Edy ketika dihubungi
Media Indonesia, Kamis (14/8). "Kita tetap menerima (anggota PKB dari kubu Gus Dur). Namun, soal nomor urut, keputusannya ada pada pleno DPP," katanya.

Edy meminta kader PKB, terutama yang sebelumnya sudah menjadi anggota DPR tidak terlalu mencemaskan nomor urut pencalegan. "Nomor urut berapapun bila selama menjadi anggota DPR selalu memberi perhatian dan rajin berkunjung ke daerah pemilihan, ia tentu akan dipilih," jelasnya.


Sesuai UU Pemilu, penentuan calon jadi akan ditentukan berdasar suara terbanyak bila ia memperoleh suara minimal 30% bilangan pembagi pemilih (BPP). "Saat ini kita sedang menyusun daftar caleg itu berikut nomor urutnya," katanya.


Lukman optimistis PKB bisa mencapai perolehan 15% suara karena situasi di partai tersebut sudah mulai kondusif. "Rekonsiliasi kita ke daerah-daerah sudah selesai," ulasnya.


Ketika ditanya soal sejumlah pengurus DPW PKB yang mendatangi Depkum dan HAM, menurut Lukman, tidak persoalan. "Mereka bukan pengurus yang sah. Mereka adalah orang yang ditunjuk Yenny setelah membekukan pengurus DPW yang sah," ujarnya.


Menurutnya, PKB yakin masih akan didukung warga Nahdiyin karena menerapkan kembali pendekatan kepada jajaran PBNU hingga ke daerah. "Kalau hubungan dengan NU baik, PKB masih akan didukung," pungkasnya. (Hrm/OL-06)

0 komentar